7 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Ketika Menggunakan Kipas Angin AC


Menggunakan alat pendingin untuk menata udara ruangan adalah salah satu solusi yang sering dilakukan di zaman modern ini. Namun, tidak semua orang mengetahui cara pemakaian yang benar ketika menggunakan kipas angina AC. Beberapa kesalahan yang tidak disadari oleh oleh penggunanya dapat menimbulkan kerugian.
Pada artikel kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai 7 kesalahan yang sering dilakukan ketika menggunakan kipas angin AC. Berikut kesalahan-kesalahan yang mungkin Anda alami:

1.    Menempatkan Kipas Angin Dengan Tujuan Yang Berbeda Dengan Kemampuannya.
Kesalahan ini sering dilakukan oleh pengguna kipas angin AC. Pengguna alat pendingin ini biasanya sering menempatkan kipas angin AC untuk tujuan mendinginkan satu ruangan yang sangat luas. Padahal kipas angin AC tidak mampu menjangkau area yang sangat luas.
Jadi agar kipas angin AC dapat Anda rasakan manfaatnya, sebaiknya tempatkan sesuai kemampuannya. Lihat diketerangan produknya, termasuk kedalam jenis yang mana? Seberapa besar air flow yang dimilikinya? Hal itu dapat mengukur kemampuan dari kipas angin AC.

2.    Tidak Mengaktifkan Tombol Humidifier
Kesalahan ini sering terjadi pada Anda yang kurang memahami cara kerja kipas angin AC. Kesalahan ini juga terjadi kepada Anda yang sering lupa karena terburu-buru ingin merasakan dingin. Padahal apabila Anda tidak mengaktifkan tombol humidifier, Anda hanya akan merasakan angin seperti menggunakan kipas angin biasa (tidak sejuk).
Pada kipas angin AC terdapat tombol humidifier. Tombol ini untuk mengaktifkan sistem penguapan air. Oleh sebab itulah jangan sampai lupa menekan tombol ini untuk menghasilkan udara yang sejuk.

3.    Mengaktifkan Tombol Humidifier Tanpa Mengisi Air Pada Tanki
Kesalahan ini terjadi biasanya kepada Anda yang tidak mengecek batas minimum tanki air. Hal ini juga dapat terjadi karena Anda kurang mengetahui mekanisme pengoperasian kipas angin AC.
Kesalahan mengaktifkan tombol humidifier saat tanki kosong harus Anda hindari. Jika ini sering terjadi, pompa kipas angin AC anda akan cepat rusak. Jika rusak, maka anda diharuskan mengganti pompa air kipas angin AC.
Jika memang Anda ingin tetap menikmati udara yang dingin tanpa mengisi tanki air, maka Anda dapat menggunakan kipas angin AC tanpa mengaktifkan tombol humidifier. Kipas angin AC akan berjalan seperti kipas angin biasa. 

4.    Jarang Melakukan Perawatan
Kesalahan ini muncul dikarenakan rasa malas Anda. Usahakan kesalahan ini tidak terjadi pada Anda. Hal ini dikarenakan kipas angin AC yang tidak diberikan perawatan akan membahayakan kesehatan tubuh kita. Kipas angin AC yang tidak terawat akan menjadi sarang bakteri dan kuman.
Lakukanlah perawatan dengan siklus 2 minggu sekali atau minimal sebulan sekali jika memang Anda sangat malas melakukannya. Bagian yang paling penting untuk dibersihkan adalah media pendingin (honeycomb pad) dan tanki air dari kipas angin AC.
Untuk membersihkan honeycomb pad Anda cukup menyikatnya. Tambahkan sabun jika memang perlu. Kemudian bilas sampai bersih dan keringkan kembali. Sedangkan, untuk merawat tanki Anda cukup menguras air yang ada hingga bersih. Hal ini akan membuat kuman dan bakteri tidak menumpuk dan tidak adanya pemadatan kotoran sehingga merusak bagian pompa air.

5.    Menggunakannya Di Ruangan Tertutup
Kipas angin AC membutuhkan sirkulasi udara yang baik. Bagi Anda yang tidak mengetahuinya, tentu kesalahan ini sering terjadi. Tempat yang tertutup akan membuat udara yang ada pada ruangan semakin lembab. Hal itu membuat udara yang ada di ruangan tertutup akan terasa lengket bukan sejuk. Selain itu, bahaya kesehatan juga akan menyerang Anda jika Anda menggunakannya pada ruangan tertutup.

6.    Disimpan Dekat Barang Elektronik Atau Logam
Kesalahan ini terjadi karena Anda tidak mengetahui teknis pendinginan dari kipas angin AC. Alat pendingin ini mendinginkan ruangan dengan cara melembabkan udara. Air yang ada pada tanki berubah menjadi uap dan dihembuskan oleh kipas.
Angin yang lembab tentu akan sangat rawan apabila terkena barang-barang elektronik. Sebaiknya, simpan alat ini dipojok ruangan dan jauh dari barang-barang elektronik.

7.    Dipakai Secara Terus Menerus
Kesalahan ini terjadi karena tidak mengetahui batas penggunaan kipas angin AC. Kipas angin AC membutuhkan air dalam penggunaannya. Jika digunakan secara terus menerus dan tanki dibiarkan kosong maka Anda harus bersiap-siap dengan kerusakan pompa air. Sebaiknya perhatikan tanki air pada kipas angin AC. Usahakan selalu melebihi batas minimum tanki.
Itulah beberapa kesalaha yang sering terjadi dalam menggunakan kipas angin AC. Kesimpulannya, berhati-hati dan telitilah dalam menggunakan kipas angin AC. Jangan biarkan kesalahan ini terjadi pada diri Anda.

Komentar

Postingan Populer